PELATIHAN APLIKASI PERKANTORAN OLEH PRODI SISTEM INFORMASI(SI) POLMAN ASTRA

Foto bersama siswa siswi SMA/SMK dengan mahasiswa aktif prodi SI

Salah satu kewajiban Politeknik Manufaktur Astra dalam mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian kepada Masyarakat. Perguruan tinggi harus ikut berpartisipasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bentuk memberikan sumbangan pemikiran.

Politeknik Manufaktur Astra merupakan lembaga pendidikan formal yang memiliki kompetensi dibidang manufaktur, harus mampu mampu berperan serta dalam meningkatkan industry kecil menengah agar menghasilkan produk yang berkualitas. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat dengan pelatihan aplikasi perkantoran yang diselenggarakan Prodi SI Polman Astra, diharapkan siswa SMK/SMA dapat memanfaatkan program ini, dan ini merupakan kegiatan yang saling menguntungkan, masyarakat dapat menggunakan aplikasi perkantoran hasil dari pelatihan Polman Astra, sementara Polman Astra dapat mengisi aktifitasnya dibidang pengabdian masyarakat untuk meningkatkan akreditasi dan membuat Polman Astra semakin di kenal.

Kegiatan Pelatihan Aplikasi Perkantoran dilaksanakan pada tanggal 4 – 7 Februari 2020, bertempat di gedung B lantai 4 ruang 413 Politeknik Manufaktur Astra Jakarta dibantu oleh 10 mahasiswa aktif dari prodi SI.

Personel kegiatan Pelatihan Aplikasi Perkantoran adalah

  1. Radix Rascalia ST., MT.
    Penanggung Jawab Kegiatan
  2. Candra Bagus Kristanto
    Koordinator
  3. Sasmito B. Utomo, Ssi., MTI.
    Nara Sumber/Pengajar
  4. Suhendra, ST., MTI.
    Nara Sumber/Pengajar
  5. Rida I. Fariani, Ssi., MTI.
    Nara Sumber/Pengajar
  6. Abdi S. Telaga, Ph.D.
    Nara Sumber/Pengajar
  7. Kristina Hutajulu
    Nara Sumber/Pengajar
  8. Eko Abdul Goffar
    Nara Sumber/Pengajar
  9. Indah Cyithia Devi
    Nara Sumber/Pengajar
  10. Sisia Dika Ariyanto
    Nara Sumber/Pengajar

Kegiatan dimulai pada jam 08.00 di ruang 413 diawali dengan pembukaan acara yang disampaikan oleh Bapak Radix Rascalia selaku perwakilan dari Prodi SI Politeknik Manufaktur Astra pada hari pertama. Setelah kegiatan di buka, dilanjutkan pelatihan aplikasi perkantoran Ms. Word dan manajemen file pada hari pertama. Pada hari kedua, dilanjutkan pelatihan aplikasi perkantoran Ms. Excel dan Ms. Power Point di hari kedua. Sebagai informasi, peserta pelatihan aplikasi perkantoran berjumlah 60 orang dari 3 sekolah di Jakarta Utara yaitu SMK HANGTUAH 1, SMAN 41 JAKARTA, SMAN 80 JAKARTA dan merupakan siswa/siswa dari kelas 1-2.  Sebagian bersar peserta masih belum mahir dalam penggunaan komputer dan penggunaan aplikasi perkantoran. Sehingga pada saat pengerjaan tugas – tugas mereka, mereka sering membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaan tugas sekolah yang membutuhkan penggunaan aplikasi perkantoran seperti Ms. Word untuk pembuatan laporan. Pelatihan ini berakhir hingga jam 16.00 setiap harinya dan di akhiri dengan pembagian sertifikat dan foto bersama.


Pembukaan oleh Bapak Radix Rascalia selaku perwakilan dari Prodi SI Politeknik Manufaktur Astra pada hari pertama
Siswa-Siswi mendengarkan materi yang disampaikan
Sharing dari mahasiswa aktif prodi SI