KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PRODUKSI INDUSTRI KECIL MENENGAH DI TEGAL DAN SEKITARNYA

Ditengah wabah pandemik covid 19, beberapa aktifitas pekerjaan dikerjakan di rumah masing masing sebagau upaya pencegahan  pemaparan virus, termasuk kegiatan belajar mengajar dan pelatihan yang diselenggarakan Politeknik Manufaktur Astra.

Politeknik Manufaktur Astra merupakan lembaga pendidikan formal yang mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi, senatiasa berupaya untuk mengembangkan ide ide kreatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kopetensi mahasiswa maupun untuk mengembangkan ilmu pengetahuan untuk masyarakat, terutama masyarakat industry dalam bentuk pengabdian masyarakat.

Untuk kelompok masyarakat yang memiliki usaha baik perorangan maupun berskala menengah (UKM) perlu diberikan pengetahuan manajemen yang cukup untuk meningkatkan usahanya. Terjadinya pemborosan dan ketidak presisian produksi dikarenakan penerapan manajemen yang buruk.

Unit UKM (SME) Polman Astra menerima permintaan  pelatihan Pelatihan Manajemen Produksi untuk UKM UKM di daerah tegal dan sekitarnya di bawah pembinaan Yayasan Dharma Bhakti Astra yang rencananya akan di laksanakan di Tegal pada pertengahan April. Namun karena  terjadinya wabah covid 19 dan Jakarta diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maka proses pelatihan tetap berjalan, tetapi diselenggarakan melalui jarak jauh (on line)

Kegiatan Pelatihan Manajemen Produksi yang dilaksanakan di Tegal merupakan usulan dari beberapa UKM binaan YDBA, dimana pengetahuan tentang manajemen produksi sangat membatu untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja. Selama ini ada bebrapa kegiatan produksi, sering mengabaikan pola proses produksi yang benar, sehingga sering terdapat ketidak efisienan baik dalam bentuk material maupun waktu proses produksi.

Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 20 April 2020 dari pukul 10.00 – 12.00 WIB bertempat di kediaman masing-masing, diikuti 20 orang peserta dari UKM di wilayah Tegal dan UKM di wilayah Purbalingga. Untuk wilayah Tegal ada beberapa UKM Sektor Unggulan (Sekung) dan UKM regular.

Rencana semula kegiatan pelatihan Manajemen Produksi akan diselenggarakan di kota Tegal, namun karena adanya wabah covid 19 akhirnya disepakati penyelenggaraan Pelatihan dilaksanakan secara on line. Dengan penyelenggaraan secara on line, maka teman teman UKM di wilayah Purbalingga meminta ijin untuk ikut bargabung.

Sebelum cara pelatihan dimulai, materi Pelatihan sudah dikirim ke masing masing peserta satu minggu sebelumnya, hai ini untuk membekali dan memberikan gambaran tentang manajemen produksi. Pada saat pelaksanaan, nara sumber hanya menjelaskan materi yang telah diberikan secara singkat dan para pesrta lebih banyak berkonsultasi dan berdiskusi tentang Manajemen Produksi.

Kegiatan tersebut terjadi karena adanya kepanitiaan dan peserta, di bawah ini adalah nama panitia pelaksana dari Politeknik Manufaktur Astra

  1. Dr Eng. Syahril Ardi, S.T., M.T. : Penanggung Jawab Kegiatan
  2. Agus Ponco Putro, S.T., M.T. : Koordinator UKM
  3. Edwar Rosyidi, S.T., M.T. : Pemberi Materi