Polman Astra berpastisipasi dalam kegiatan “AOTS Japan Kaizen Training for SMK teachers 2020”

Sebagai perwujudan program Link and Match sekolah menengah dengan DU/DI ( Dunia Usaha/Dunia Industri)  Kementrian Perindustrian, bekerjasama dengan  AOTS (The Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships) Japan, IMDIA Japan dan Institusi Member IMDIA termasuk Politeknik Manufaktur Astra untuk mengadakan pelatihan materi-materi yang dibutuhkan Industri kepada guru-guru SMK Teknik seluruh Indonesia yang lolos seleksi.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didukung oleh AOTS dan Kementrian Perindustrian tersebut  melibatkan LPPM Politeknik  Manufaktur Astra yang  menugaskan Djoko Subagio ST, MT, MSc berpartisipasi sebagai pengajar materi Electrical Control basic dan Basic Mechanical. Pengajar dari pelatihan ini dari berbagai institusi; Panasonic Manufacturing Indonesia, YMG, IMDIA,  TMMIN, Summit Adyawinsa Indonesia, Mavi Global Indonesia, Trinitra Chitrahasta dan Politeknik Manufaktur Astra. Peserta dari pelatihan ini adalah guru-guru SKM se Indoneisa (Gambar 1) yang diharapkan dengan meningkatnya level pengetahuan dan skill dari guru SMK maka akan turut menaikkan level kompetensi siswa dan turut memberikan manfaat besar bagi perusahaan  yang merekrutnya.

Gambar 1. Peserta Pelatihan Kaizen guru SMK se Indonesia

Materi yang diberikan mualai dari pembentukan karakter khas industry Jepang 5S dan Kaizen juga materi mechanical basic dan kerja bangku serta materi basic control system. Seperti tampak pada gambar 2 peseta sedang melaksanakan pelatihan praktek basic control dengan standar sertifikasi BNSP.

Gambar 2. Guru-guru SMK sedang melaksanakan praktek Subyek 1 Electrical Control

Hasil dari pelatihan kita evaluasi seperti tampak pada gambar 3 dimana dari grafik itu dapat kita Analisa untuk melakukan treatment ke peserta yang tidak memnuhi target yang diharapkan. Dari Subject 1, 2 dan 3 kita rekapitulasi untuk mendapatkan rangkaing 1, 2 dan 3 yang akan diberangkatkan ke Jepang mengikuti pelatihan dan study banding di sana selama 10 hari.

Gambar 3. Grafik hasil evaluasi per subject

Pelaksanaan dari tanggal 26 Pebruari 2020 – 6 Maret 2020 dengan jadwal pelatihannya seperti tertera pada tabel di bawah ini, tempat  pelatihan di Yayasan Matsushita Gobel (YMG)  :