Pengabdian Kepada Masyarakat : Program Magang Industri secara Daring di SMKN 1 Cibinong Batch 1 (Agustus -Desember 2020)

Sistem pendidikan di masa wabah Covid 19 ini membuat berbagai kegiatan pembelajaran bergeser. Tak hanya konsep belajar yang berubah menjadi dalam jaringan atau daring, akan tetapi juga struktur pembelajaran. Oleh karena industri tidak menerima magang atau PKL,  PT Denso Indonesia bekerjasama dengan Politeknik Manufaktur Astra dan Worldskills Indonesia menyelengagarakan program magang daring yang pelaksanaannya dilakukan di SMKN 1 Cibinong.

Program pilot ini diprakarsai Djoko Subagio ST., MT., MSc. dari Politeknik Manufaktur Astra dan Deddy Partono, ST. dari PT Denso Indonesia yang membuat konsep program magang daring agar siswa-siswa yang tidak bisa magang di industri bisa tetap memperoleh materi dan suasana industri.  Setelah berdiskusi dengan pihak sekolahan akhirnya tim merasa perlu menggandeng pihak yang bisa mengorganisasikan kegiatan tersebut yaitu worldskills Indonesia yang diwakili oleh Mahefud ST., MT.

Tujuan Magang  Daring :

  1. Mengimplementasikan ilmu yang didapat di sekolah
  2. Membentuk pola pikir yang konstruktif dan kritis
  3. Melatih komunikasi dan kerjasama secara professional
  4. Membentuk etos kerja
  5. Menambah wawasan serta keterampilan siswa
  6. Adaptasi dengan dunia kerja

Waktu Pelaksanaan :  1 Agustus- 31 Desember 2020

Jumlah Peserta Batch 1 : 20 siswa

Materi  Magang Daring :

  1. Pengenalan Tentang Industri, Pengenalan tentang karakter kerja di industri, keselamatan kerja, Komunikasi, Quality, dan Perbaikan
  2. Pengenalan Materi proyek, Memahami tentnag apa yang akan di kerjakan saat melakukan magang, serta proses pelaporan secara periodik
  3. Proyek Device Sertifikasi, Memahami tentang proses sertifikasi dan mempelajari materi sertifikasi sebagai bekal saat ujian Kompetensi menulis program.
  4. Proyek Industrial Control, Memahami konsep dasar Industrial Kontrol serta Modul secara keseluruhan mulai dari Circuit Design, Fault Finding/ Trouble Shooting, Pekerjaan mekanik, Pekerjaan merangkai listrik, Test & Commissioning serta Programing PLC Auto dan Manual.
  5. Pelaksanaan Sertifikasi, Pelaporan dan Presentasi, Melakukan Proses Sertifikasi, Membuat Laporan Akhir magang serta presentasi ke Semua pembimbing Magang serta Para Guru.

Proses Monitoring Hasil Kegiatan Magang

Seluruh kegiatan di lakukan di sekolah dengan zona hijau dan dilakukan monitoring luring seminggu sekali. Sistem wajib mempresentasikan kegiatan magang secara kelompok di akhir pekan yang dinilai oleh guru SMK dan pembimbing industri.

Diharapkan dengan program magang daring ini dapat membentuk karakter peserta magang dan etos kerja industry meskipun tidak secara langsung berada di industri (DJS-10-2020)