PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ONLINE TRAINING: BATTERY AND ELECTRICAL SYSTEM OF HYBRID & ELECTRIC VEHICLE

Perkembangan teknologi di industri otomotif semakin beragam, termasuk perkembangan kendaraan ramah lingkungan, termasuk kendaraan ramah lingkungan seperti mobil hybrid dan kendaraan listrik murni. Indonesia yang merupakan pasar otomotif yang sangat berpotensial menjadi salah satu negara yang turut “mencicipi” perkembangan tersebut. Disisi lain, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil nikel terbesar di dunia. Sehingga sangat berpotensi untuk menjadi bagian dari pengembang kendaraan listrik. Mengingat kendaraan listrik membutuhkan sumber daya non-fuel, yaitu menggunakan baterai. Dalam hal ini Indonesia merupakan salah satu negara penghasil nikel, Indonesia dapat meningkatkan ekonomi negara apabila mampu memproduksi baterai sebagai produk yang mendukung kendaraan elektrik. Berdasarkan data dan perkembangan kendaraan listrik yang terjadi di Indonesia, Politeknik Astra bekerja-sama dengan ITECH untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan online kepada mahasiswa Politeknik Astra, guru SMK, dan Lembaga-lembaga pelatihan. Pelatihan yang akan diberikan akan berupa webinar dan sharing beberapa topik yang berkaitan dengan perkembangan kendaraan listrik, konsep dasar kendaraan listrik, tenaga yang digunakan dalam kendaraan listrik, dan alat-alat yang mendukung aktivitas pengembangan kendaraan listrik (dalam hal ini battery tester/monitoring). Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini yaitu peserta dapat mengetahui dan memahami perkembangan dunia otomotif dalam hal ini kendaraan listrik, sehingga keilmuannya dapat diperbarui dan dapat menyesuaikan diri dalam dunia yang terus berkembang. Yang selanjutnya para peserta mampu mengaplikasikan wawasan kendaraan listrik ini pada bidangnya masing-masing, sehingga turut membangun Indonesia yang siap dalam perubahan iklim otomotif dunia.

Pelaksanaan Online Training: Battery And Electrical System Of Hybrid & Electric Vehicle diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 17 Maret 2022 dimulai dari jam 09:00 sampai jam 12:00 melalui Ms. Teams. Durasi Pelatihan 180 menit atau tiga jam dibagi kedalam tiga sesi materi dimana sesi pertama membahas tentang Electric Vehicle System secara umum, sesi kedua membahas Electric Vehicle dalam dunia Pendidikan, dan sesi ketiga membahas tentang Proses monitoring dan perawatan sumber daya pada Electric Vehicle

Peserta Pelatihan Training Electric Vehicle terbuka untuk umum, diikuti 312 peserta yang berasal dari Lembaga Pendidikan (Universitas, Politeknik, dan Sekolah), Industri Manufaktur, dan Lembaga Pelatihan. Lembaga Pelatihan yang mengikuti kegiatan ini antara lain:

  1. BRIN – Riset
  2. BBPPMPV BMTI – KEMDIKBUDRISTEK
  3. BLK Don Bosco
  4. UPT Balai Latihan Kerja Surabaya
  5. BLK Surabaya
  6. BBPPMPV BOE (VEDC) Malang

Susunan dari tim panitia Online Training: Battery And Electrical System Of Hybrid & Electric Vehicle terdiri dari 5 tenaga pendidik yaitu Yohanes C Sutama, Ajib Rosadi, Djoko Subagio, Syahril Ardi, Anisa Budiarti. Kegiatan ini juga dibantu oleh 7 mahasiswa aktif yaitu Erlangga Yoga Muchlisin, Andi Sri Permadi, Ade Rahmat Sawaba, Farhanudin, Deni Nur Faizin, Rizqi Rudi Fayyadh, Jasmine Aurora Wanita.

Di bawah ini adalah beberapa dokumentasi tangkapan layar saat pelaksanaan online training berlangsung: