PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: Engineering Costing Estimate

Faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk tidak hanya dari
kualitas produk yang ditawarkan saja. Melainkan harga jual produk menjadi faktor utama ketika pembeli ingin membeli suatu barang. Maka itu, perlu perhitungan yang matang, sebab tujuan penetapan harga tidak hanya meraup keuntungan saja tetapi mampu mengembangkan bisnis pula. Sehingga Tujuan dari training Engineering Costing Estimate yaitu memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menerjemahkan gambar kerja, memilih bahan dan proses menghitung harga pada pekerjaan sheet metal forming, sebagai upaya dalam memberikan jawaban tuntas pada konsumen terkait dengan harga dan proses yang akan ditawarkan dalam satu produk tertentu dalam waktu yang secepat mungkin.

Peserta akan dimasukan dalam satu kelas untuk dilakukan pembelajaran. Metode
Pelatihan yang dilakukan yaitu Diskusi, Studi Kasus dan Simulasi. Cakupan Materi yaitu:

  1. Membaca Gambar Teknik
  2. Pengenalan Bahan
  3. Pengenalan Proses
  4. Pemilihan Bahan dan Proses
  5. Optimalisasi Ongkos Kerja Pl

Pelatihan dilaksanakan di Politeknik Astra pada tanggal 27 Maret-30 Maret 2023. Persiapan dilakukan sebelum pelaksanaan minimum -7 Hari untuk persiapan
training toolkit. Seperti Tas, Notebook dan Alat Tulis.

Dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam menerjemahkan gambar kerja, memilih bahan dan menghitung harga pada pekerjaan sheet metal forming, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para peserta dalam menjalankan pekerjaan mereka dengan lebih efektif dan efisien.