PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: TRAINING 5S

Upaya peningkatan produktivitas merupakan salah satu cara menciptakan daya saing
perusahaan menuju era globalisasi ekonomi dan perdagangan bebas. Dorongan keinginan perusahaan untuk mendapatkan hasil yang optimal dengan waktu yang terbatas menuntut upaya manajemen perusahaan terus mampu mengembangkan sumber daya manusia agar mampu bersaing di area global. Salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas ialah dengan konsep 5S, yakni dengan membangun budaya bersih, rapih, nyaman dan sehat yang merupakan impian semua setiap perusahaan. Konsep 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke) atau di Indonesia dikenal dengan 5R (Rajin, Rawat, Resik, Rapi, Ringkas ) ini sederhana, mudah dipahami sehingga menjadi langkah awal dalam membangun budaya kerja yang baik di lingkungan kerja.

Peserta akan dimasukan dalam satu kelas untuk dilakukan pembelajaran. Metode Pelatihan yang dilakukan yaitu Diskusi, Studi Kasus dan Simulasi. Cakupan Materi yaitu:

  1. Pengertian dan pemahaman 5S
  2. Tujuan dan nilai tambah 5S
  3. Konsep 5S
  4. Siklus 5S
  5. Pembuatan langkah-langkah penerapan sistematis
  6. Pemetaan 5S pada area kerja
  7. Pembuatan check list 5S pada area kerja
  8. Implementasi 5S

Pelatihan dilaksanakan di PT. Asahi Denso Indonesia pada hari Kamis & Jumat, 28 &
30 Juni 2023. Persiapan dilakukan sebelum pelaksanaan minimum -7 Hari untuk persiapan training toolkit. Seperti Tas, Notebook dan Alat Tulis.

Dalam rangka untuk meningkatkan produktivitas di lingkungan kerja, pelatihan ini
diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para peserta dalam menjalankan pekerjaan mereka dengan lebih efektif dan efisien.