PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: WORKSHOP MEP (MENDELEY ENDNOTE PLAGIARISME CHECKER)

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan cara workshop/ pelatihan. Workshop ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan para dosen dalam mengoperasikan Mendeley, EndNote, Zotero dan mahir memenuhi syarat Plagiarisme Checker / Turnitin dalam menyusun karya ilmiah. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, agar peserta benar-benar memahami cara penggunaan aplikasi yang mendukung publikasi ilmiah tersebut. Pelaksanaan dengan membagi sistem penyampaian dalam tahapan teori dan praktek pada aplikasi secara langsung, sehingga peserta diharapkan akan benar-benar paham dan menguasai materi diakhir
acara. Persiapan yang harus dilakukan peserta sebelumnya adalah menginstall aplikasi MENDELEY & ENDNOTE pada laptop masing-masing peserta. Selain itu diperlukan dukungan untuk aplikasi TURNITIN yang dimiliki oleh Universitas Borobudur, atau menggunakan akun Turnitin yang dimiliki pengelola Jurnal KaLIBRASI- Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri. Pelaksanaan didalam dua model yaitu Daring dan Luring, hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi seluruh sivitas akademika Fakultas Teknik untuk dapat mengikuti workshop ini dimana saja.

Pelaksanaan kegiatan sesuai jadwal sebagai berikut :

  • Hari: Selasa dan Rabu
  • Tanggal: 16 dan 17 Mei 2023
  • Jam: 09.00 – 15.00
  • Tempat: Ruang Prof. Basir Barthos, Gedung D Lantai Dasar, Universitas Borobudur Jakarta
  • Perlengkapan: Masing-masing peserta membawa laptop yang sudah diinstall aplikasi MENDELEY, ZOTERO & END NOTED.

Workshop ini dilaksanakan dengan target peningkatan keahlian dalam menyiapkan artikel ilmiah bagi civitas akademika Fakultas Teknik Universitas Borobudur, oleh sebab itu target peserta adalah seluruh dosen Fakultas Teknik.

Panitia pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh pihak luar yang telah menyelenggarakan kegiatan ini yaitu Fakultas Teknik Universitas Borobudur. Namun, keterlibatan Dosen Politeknik Astra yaitu menyediakan fasilitator dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yang dibantu oleh 2 orang mahasiswa Porgram Studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur.

Berikut data anggota yang terlibat:

  1. Indra Setiawan, ST.MT.
  2. Aldi Wintara Andriawan
  3. Rizki Chori Fitrianto

Persiapan dimulai dengan membentuk tim panitia yang beraggotakan dosen internal Fakultas Teknik Universitas Borobudur. Setelah terbentuk, kemudian melakukan surat menyurat dengan institusi luar yakni Politeknik Astra untuk mengundang narasumber. Tahapan persiapan juga dilakukan dengan booking ruangan workshop serta memasang perangkat kegiatan. Seluruh peserta diwajibkan menginstall aplikasi reference manager yang digunakan untuk praktik baik aplikasi Mendeley, EndNote dan Zotero pada laptop masing-masing peserta. Untuk praktik parafrase diperlukan aplikasi TURNITIN yang dimiliki oleh Universitas Borobudur.

Kegiatan dilaksanakan dalam dua hari dengan tujuan semua peserta dapat memahami materi yang dipelajari dengan baik. Pelaksanaan juga dilaksanakan dalam dua model yaitu Daring dan Luring. Melalui daring diharapkan kegiatan dapat terdokumentasi secara menyeluruh. Narasumber dibantu dengan dua orang asisten yang akan memandu seluruh peserta dalam mempraktekkan teori-teori yang telah disampaikan. Rincian acara dalam kegiatan workshop bertema : Peningkatan Pemanfaatan E-Resources Pendukung Publikasi Karya Ilmiah. Melalui PELATIHAN MEP (Mendeley, Endnote, Zotero, dan Plagiarism Checker/Turnitin), adalah sebagai berikut:
Hari Pertama

  • Hari pertama diawali dengan pembukaan yang meliputi sambutan Dekan Fakultas Teknik Universitas Borobudur dan dilanjutkan sambutan Wakil Rektor 1 Bidang Pendidikan Universitas Borobudur.
  • Dilanjutkan acara inti workshop oleh narasumber : Ir. Indra Setiawan, ST, MT
    dengan pengenalan berbagai software sitasi. Penjelasan dilaksanakan hingga waktu istirahat makan siang.
  • Setelah istirahat dilanjutkan praktek software sitasi Mendeley yang terdiri dari
    Mendeley Destop dan Mendeley Reference Manager. Pada sesi ini dipraktekkan
    secara rinci dan detail Mendeley Destop, hingga waktu berakhir pada jam 15.45.

Hari Kedua

  • Hari kedua setelah pembukaan peserta langsung mempraktekkan Mendeley
    Reference Manajer, kurang lebih selama satu jam.
  • Jam berikutnya dilanjutkan mempraktekkan software EndNote selama satu jamdan dilanjutkan pendalaman software Zotero hingga waktu istirahat.
  • Setelah istirahat materi dilanjutkan penerapan Plagiarism Checker/Turnitin bagi
    artikel dan karya ilmiah yang sedang disiapkan oleh author. Materi Plagiarism
    Checker/Turnitin sangat menarik hingga dilaksanakan sampai sesi waktu terakhir berakhir.

Demikian pelaksanaan workshop ini berjalan dengan lancar dan meskipun cukup sulit namun cukup menarik bagi pengembangan kemampuan penyusunan artikel dan karya ilmiah yang berkualitas.