Asesmen Sekolah-sekolah Binaan YPA-MDR dan Yayasan Bina Harati Pama (YBHP) di Wilayah Kabupaten Kapuas dan Barito Utara.

Sebagai institusi Perguruan Tinggi yang memiliki tanggungjawab pengabdian kepada masyarakat, Politeknik Astra bersama Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) dan Yayasan Bina Harati Pama (YBHP) telah melaksanakan kegiatan Asesmen Sekolah-sekolah Binaannya.

Kali ini 4 tim dosen Politeknik Astra Bersama 3 orang staf Yayasan YPA-MDR dan YBHP, melakukan asesmen 20 sekolah negeri maupun swasta dari level SD, SMP, dan SMA/SMK di wilayah Kabupaten Kapuas dan Barito Utara, Provinsi Kalimantan. Kegiatan asesmen dimulai sejak hari Senin 4 Desember 2023 sampai dengan hari Jum’at 8 Desember 2023. Tim Asesor sekolah adalah para dosen Politeknik Astra yang telah berpengalaman dalam kegiatan asesmen sekolah, terdiri dari: Bapak Syahril Ardi (dosen Prodi Mekatronika), Bapak Indra Setiawan (dosen Prodi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur), Bapak Andreadie Wicaksono (dosen Prodi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur), dan Bapak Afitro Adam Nugraha (dosen Prodi Mesin Otomotif). Sedangkan staf YPA-MDR dan YBHP terdiri dari: Mas Banu, Mas Bagas, dan Pak Febri.

Kegiatan Asesmen Sekolah ini sebelumnya sudah dilakukan oleh Politeknik Astra di berbagai wilayah di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi dari proses dan hasil pembinaan yang dilakukan di sekolah dalam upaya untuk melakukan evaluasi sehingga dapat menentukan program pembinaan yang sesuai dengan sekolah masing-masing.

Di samping itu, asesmen sekolah berguna untuk mengetahui bagaimana kelayakan & kinerja sekolah dilihat dari 4 pilar pembinaan yang mengacu pada standar Mutu Pendidikan, dan sebagai sarana peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan dari hasil penilaian.

Diantara 4 komponen yang dinilai adalah: sisi akademis, sisi karakter, seni budaya & kecakapan hidup, dan kegiatan pendukung. Kegiatan asesmen sekolah ini berakhir di hari Jum’at 8 Desember 2023, yaitu di SMK Maharati, sebuah sekolah vokasi yang langsung dibina oleh Yayasan Bina Harati Pama (YBHP). Walaupun sekolah vokasi ini baru berjalan hampir 3 tahun, tetapi terlihat pengelolaannya cukup profesional dengan prestasi yang cukup membanggakan. Dengan 2 jurusan yang dikembangkan sekolah ini, yaitu Teknik Alat Berat dan Desain Komunikasi Visual, maka SMK Maharati selanjutnya akan melakukan kerjasama program dengan Politeknik Astra.

Secara umum, kegiatan asesmen sekolah binaan YPA-MDR dan YBHP untuk wilayah Kapuas & Barito Utara, berjalan dengan lancar. Sedangkan tantangan yang dihadapi secara umum yaitu ketika menjangkau sekolah yang satu dengan sekolah yang lain dengan medan perjalanan yang cukup jauh dan cukup menantang, diantara lokasinya di tengah hutan. Bahkan melewati jalan darat dan sungai, baik melalui kendaraan roda empat, perahu klotok, dan perahu yang agak besar yang dapat mengangkut mobil.

Pihak sekolah (kepala sekolah, para guru, dan para siswa), secara umum bersemangat dalam menjalani kegiatan belajar, walaupun ada keterbatasan terkait sarana prasarana, dan lainnya.

Semoga kegiatan asesmen sekolah ini yang akan ditindaklanjuti dengan berbagai program pembinaan, dapat terus berjalan sehingga kualitas sekolah di wilayah Kapuas & Barito Utara khususnya dapat terus meningkat. Kolaborasi antar institusi dan antar sekolah, baik dalam bentuk peningkatan ketrampilan di antara guru maupun kegiatan perlombaan prestasi untuk guru dan para siswa.

Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu sehingga kegiatan asesmen sekolah ini dapat berjalan dengan lancar.

Kontributor: s_ardi