PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: Pelatihan Survey and Mapping sebagai Tahapan Awal Pekerjaan Galian Timbunan Guna Mengetahui Produktivitas Alat Berat

Tridharma Perguruan Tinggi adalah Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada
Masyarakat (PkM). Adapun tujuan strategis dari PkM Politeknik Astra adalah untuk melakukan pembinaan SMK guna menambah kompetensi siswa di bidang survey, pemetaan dan pekerjaan alat berat. Oleh karena itu, dosen berkolaborasi dengan mahasiswa prodi TKBG untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pekerjaan persiapan surveying dan mapping dengan drone sebelum pekerjaan galian timbunan menggunakan alat berat. Kegiatan ini juga sangat membantu mahasiswa dalam mengimplementasikan pengetahuan yang telah diperoleh selama pembelajaran
dikelas maupun informasi dan data serta kesan yang didapatkan pada kegiatan pengabdian masyarakat.
Tujuan mengadakan PkM adalah:
1. Meningkatkan Keterampilan dan Kemampuan Siswa/i SMK BINA KARYA MANDIRI 1
2. Mengedukasi Pengajar/Guru Tentang Ilmu Teknik Sipil terutama bidang Survey dan Mapping
3. Menerapkan Project Based Learning (PBL) Kepada Mahasiswa

Kegiatan PkM ini telah dilaksanakan pada Selasa, 5 Maret 2024. Pukul 06.00 – 16.30 WIB di SMK BINA KARYA MANDIRI 1, Jl. Raya Jatimulya No.25 Pondok Hijau Permai, Pengasinan, Rawalumbu, Kota Bekasi.

Peserta yang mengikuti kegiatan PkM ini adalah 52 orang siswa/siswi SMK BINA KARYA MANDIRI 1 dan didampingi dosen Politeknik Astra prodi TKBG yaitu Ibu Kartika Setiawati dan Bapak Sofian Arissaputra, didampingi juga instruktur yaitu Bapak Andrias Rianu Saputro, didampingi juga mahasiswa yaitu Ardian Dwi Cahyo, Aji Jaya Nata Nusantara, Sandy Darmawansyah.

Gambaran Pengabdian Kepada Mayarakat SMK BINA KARYA MANDIRI 1 adalah sebagai berikut :
1. Workshop Drone Pemetaan Area
2. Pelatihan Pengolahan Data Drone Agisoft
3. Penyajian Informasi Pemetaan Kontur Tanah Pada Pekerjaan Galian Timbunan

Harapan kami pelatihan yang diberikan pada Siswa/I SMK BINA KARYA MANDIRI dapat memberikan wawasan baru dan menambah pengetahuan seputar tahapan awal sebelum pekerjaan galian timbunan bagi jurusan Teknik Alat Berat.

Di bawah ini merupakan dokumentasi kegiatan