PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: Training Lean Manufacturing berbasis Toyota Production System (TPS) – Batch 1

Dalam implementasi Lean, sebuah perusahaan dituntut menghasilkan output
berkualitas dalam jumlah dan tempat yang tepat dengan material, waktu proses, tenaga kerja, ruangan, waktu set up, dan mesin seminimal mungkin. Dengan demikian, pemborosan akan berkurang, persediaan dapat ditekan dan proses produksi akan berjalan lancar. Lean Manufacturing merupakan sistem produksi yang mengupayakan penekanan pemborosan (Waste elimination) dengan melibatkan seluruh karyawan di dalam perusahaan. Pemborosan di sini diartikan sebagai segala sesuatu yang tidak memberikan nilai tambah. Melalui pelatihan Lean Manufacturing berbasis TPS (Toyota Production System) ini, peserta akan memahami konsep lean, langkah-langkah penerapan lean, dan menerapkan aplikasi dan langkah-langkah dalam mengimplementasikan Toyota Production System sebagai upaya dalam afektif dan efisiensi maksimal pada berbagai kegiatan manufaktur.

Pada tanggal 6 & 7 Maret 2024 telah dilaksanakan Training Lean Manufacturing berbasis Toyota Production System (TPS) – Batch 1 di PT Mesin Isuzu Indonesia dengan peserta yang hadir sebanyak 22 orang. Narasumber utama adalah Bapak Ir. Ahmad Rozak, M.T., IPM. dan didampingi dari Politeknik Astra yaitu Bapak Edwar Rosyidi, Ibu Nensi Yuselin, Ibu Anastasia Amanda Permata Putri dan Ibu Fattiya Hamada Sakti Issa Putri.

Dalam rangka untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada konsep dan
implementasi Toyota Production System dalam pekerjaan sehari-hari, pelatihan ini
diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para peserta dalam menjalankan pekerjaan mereka dengan lebih efektif dan efisien. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk menyelenggarakan pelatihan ini, dan semoga ilmu yang diperoleh dapat terus diterapkan dan bermanfaat dalam aktivitas kerja sehari-hari