Politeknik Astra Berpartisipasi sebagai Juri dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Jakarta Timur 1 Bidang Automobile Technology

Bekasi, 2 Mei 2024 – Politeknik Astra dengan bangga mengumumkan partisipasinya sebagai juri dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Jakarta Timur 1 Bidang Automobile Technology. Kegiatan ini merupakan bagian dari ajang tahunan yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang bertujuan untuk menguji kemampuan siswa SMK dalam bidang keahlian mereka.

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) adalah kompetisi tahunan yang menguji keterampilan siswa SMK dalam berbagai bidang keahlian. Untuk Jakarta Timur 1, bidang yang diperlombakan adalah Automobile Technology, mencakup tiga mata lomba: Engine Tune Up (ETU), Electrical Body, dan Overhaul Engine.

Kompetisi ini diikuti oleh 10 siswa terbaik yang mewakili 10 SMK di wilayah Jakarta Timur 1. Siswa-siswa ini dipilih melalui seleksi ketat yang melibatkan tes teori dan praktek.

Kegiatan LKS dilaksanakan pada tanggal 30 April 2024, dimulai dengan technical meeting pada 22 April 2024 untuk menjelaskan tata tertib dan kisi-kisi soal kepada para pembimbing lomba.

LKS Jakarta Timur 1 Bidang Automobile Technology dilaksanakan di lokasi yang ditentukan oleh panitia dengan peserta berasal dari berbagai SMK di wilayah Jakarta Timur 1.

Lomba ini bertujuan untuk memilih siswa terbaik yang akan dibimbing lebih lanjut dan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat provinsi DKI Jakarta. Ini adalah kesempatan bagi para siswa untuk menunjukkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang teknologi otomotif.

Pelaksanaan lomba dimulai dengan tes teori untuk menentukan peserta yang mewakili masing-masing sekolah. Dari hasil tes teori, terpilih 10 peserta yang melanjutkan ke tahap praktek. Kegiatan praktek terdiri dari tiga sesi: Engine Tune Up, Electrical Body, dan Overhaul Engine, masing-masing sesi berlangsung selama 30 menit.

Kegiatan LKS Jakarta Timur 1 Bidang Automobile Technology telah dilaksanakan dengan sukses dan diikuti oleh 10 siswa. Pemenang kompetisi ini akan dibimbing lebih lanjut untuk mewakili wilayah Jakarta Timur 1 pada tingkat provinsi DKI Jakarta. Diharapkan kegiatan ini dapat terus mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan dan inovasi di bidang teknologi otomotif, sehingga dapat berkontribusi pada kemajuan industri otomotif Indonesia.

Dibuat oleh: Wanda

Disetujui oleh: Dr. Eng. Syahril Ardi, S.T., M.T.


Unduh ke PDF