LAPORAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: Meningkatkan Keterampilan Digital dengan Program Basic Internet of Things (IoT) Batch 1

Internet of Things (IoT) merupakan wujud perkembangan teknologi internet yang
memungkinkan setiap barang (things) yang dimiliki dapat terhubung ke internet sehingga dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan smartphone atau dengan perintah suara. Batch pertama Training Basic Internet of Things (IoT) diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 3 & 4 Juni 2024 di Ruang Training Lt. 1 Politeknik Astra, Cikarang. Peserta terdiri dari 2 peserta Teknisi Engineering dari PT. CitraDimensi Arthali (CEDEA) Majalengka. Tujuan dari training ini yaitu untuk membangun kesadaran peserta training akan scope of work dengan mengenal Internet of Things (IoT). Melalui pelatihan ini, peserta akan memperoleh peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta mencapai target capaian yang meliputi :

  1. Basic Programming untuk Micro Controller
  2. Basic Protocol Communications
  3. Basic Internet Technology
  4. Build Awareness

Dalam rangka untuk membangun kesadaran peserta training akan scope of work
dengan mengenal Internet of Things (IoT). Pelaksanaan pelatihan ini dilakukan oleh panitia yang terdiri atas Nensi Yuselin, Anastasia Amanda PermataPutri, Mada Jimmy FA, Afianto, Syahril Ardi, Pengki Mulyanto, Muhammad Hidayat, Waluyo Nugroho, Prabowo Larasakti, 4 peserta dan 7 pengajar, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para peserta dalam menjalankan pekerjaan mereka dengan lebih efektif dan efisien. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk menyelenggarakan pelatihan ini, dan semoga ilmu yang diperoleh dapat terus diterapkan dan bermanfaat dalam aktivitas kerja sehari-hari.

Dibuat oleh: Anastasia Amanda Permata Putri

Disetujui oleh: Dr. Eng. Syahril Ardi, S.T., M.T.

Unduh ke PDF