Polman Astra berpastisipasi dalam kegiatan AOTS Japan Kaizen Training for SMK teachers

Dalam rangka revitalisasi pendidikan vokasi Kementrian Perindustrian, METI, AOTS (The Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships) Japan, Jetro Japan, IMDIA Japan dan Industri-industri Member IMDIA termasuk Politeknik Manufaktur Astra untuk mengadakan pelatihan kepada guru-guru SMK Teknik.

Sebagai bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat Politeknik  Manufaktur Astra lewat LP2M menugaskan Djoko Subagio ST, MT, MSc ikut berpartisipasi sebagai pengajar materi Electrical Control dalam pelatihan ini.

Pelatihan ini bertujuan meningkatnya level pengetahuan dan skill dari guru SMK maka akan turut menaikkan level siswa dan turut memberikan manfaat besar bagi perusahaan anggota IMDIA yang merekrutnya.

Materi dari pelatihan ini adalah :

  1. 5S dan Kaizen Activity
  2. Measurement Skill Basic
  3. Electrical Control
  4. Design Technology

Pelaksanaan Pelatihan dari tanggal 4 Pebruari 2019 sampai dengan tanggal 10 Maret 2019, meskipun tanggal 5 Februari dan 7 Maret adalah hari libur nasional, tetapi sehubungan dengan jadwal yang padat maka pelaksanaan pelatihan tetap akan melaksanakan.

Jadwal pelatihannya seperti tertera pada tabel dibawah ini, tempat  pelatihan di Yayasan Matsushita Gobel (YMG), dan 1 batch terdiri dari 24 ~ 26 orang guru dan semuanya menginap di asrama YMG

Pengajar dari pelatihan ini dari berbagai institusi; Panasonic Manufacturing Indonesia, YMG, Cidas Suprametalindo, IMDIA, Nandya Karya Perkasa, TMMIN, ADM, FIM, Trinitra Chitrahasta dan Politeknik Manufaktur Astra. Nama Pengajar dan Jadwal Pengajar dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut ;

Peserta Pelatihan adalah guru-guru SMK dari ;

  1. SMKN 2 Siatasbarita Sumut
  2. SMK Muhammadiyah 1 Padang
  3. SMKN 7 Batam
  4. SMK Pembangunan Palembang
  5. SMKN 1 Indralaya Sumsel
  6. SMKN 1 Kotaagung Barat Lampung
  7. SMKN 1 Padang
  8. SMKN 4 Bulukumba Sulsel
  9. SMKN 3 Pangkep Sulsel
  10. SMKN Darul Ulum Maros Sulsel
  11. SMKN 1 Pinrang
  12. SMKN 2 Bone
  13. SMKN 7 Lhokseumawe
  14. SMK Semen Padang
  15. SMKN 1 Sumatra Barat
  16. SMKN 2 Kota Solok
  17. SMKN 5 Padang
  18. SMKN 3 Mandau
  19. SMKN 2 Dumai
  20. SMKN 2 Palembang
  21. SMKN 2 Kendari
  22. SMKN 5 Bantaeng
  23. SMKN 2 Paguyaman
  24. SMKN 1 Bungku Barat
  25. SMKN 3 Palu

Di bawah ini adalah sertfikat yang didapat oleh Pak Djoko Subagio ST, MT, MSc