Seminar Nasional “Efisiensi Energi untuk Peningkatan Daya Saing Industri Manufaktur & Otomotif Nasional” oleh Politeknik Manufaktur Astra

dari kiri: Bapak Setia Abikusna (Moderator Utama), Bapak Syahril Ardi (Kepala LP2M), Bapak Tonny Pongoh (Wadir 1 Polman Astra), Bapak Arwin Datumaya (Pembicara Utama), Bapak Harry Kasuma (Pembicara Utama), Bapak Tony Harley S (Direktur Polman Astra), Mr Leslie Andrew (Pembicara Utama), Bapak Djoko Subagio (Ketua Panitia SNEEMO 2019)

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, yang telah memberikan karuniaNya, sehingga Seminar Nasionel Efisiensi Energi untuk Peningkatan Daya Saing Industri manufaktur dan Otomotif Nasional (SNEEMO 2019) ini dapat terlaksana dengan baik. Semoga seminar ini membawa manfaat bagi kita semua baik di dunia pendidikan maupun di industry.

SNEEMO merupakan seminar nasional yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra), merupakan salah satu dari kegiatan dosen dan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi  sesuai dengan amanah Undang undang No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Salah satu penyebar luasan hasil penelitian adalah dengan cara diseminarkan. Yang istimewa dari seminar nasional di Polman Astra adalah kami undang juga praktisi industry yang akan menjadi penyeimbang dan pengarah agar penelitian di perguruan tinggi dapat bersinergi dengan kegiatan R & D di Industri.

Suasana Seminar ketika Bapak Harry Kasuma sebagai pembicara utama.

Seminar Nasional ini mengangkat Thema “REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN APLIKASINYA” kami mengundang para nara sumber dari akademisi dan praktisi industri, dan dalam kesempatan ini pula kami ingin berbagi ilmu melalui wokshop Aplikasi IoT dan Implementasi IoT untuk Smart home serta adanya pameran produk-produk terkait IoT.

Workshop Pengaplikasian IoT oleh Bapak Mada Jimmy F. S.T., M.Sc
Workshop Implementasi IoT untuk Smart Home oleh Bapak Tugino S.T., M.T
Pameran produk IoT

Harapan kami dengan bertemunya para praktisi industry, peneliti, dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan Politeknik dapat meningkatkan  kualitas penelitian di Perguruan Tinggi masing masing dan dengan mudah penelitian tersebut dapat diterapkan di industry dan di masyarakat. Jumlah paper yang diterima panitian pada batas waktu yang telah ditentukan adalah 38 paper dengan jenis revisi ABSTRAK yaitu revisi minor dan revisi mayor. Jumlah paper tersebut terdapat 9 paper dari luar (LAPAN, ISTN, UNJ, STT Fatahilah Cilegon, Univ. Islam asyafiiyah, Politeknik META Cikarang, Politeknik Sriwijaya, dan Akademi Teknik Pengukuran dan Instrumentasi) dan 28 paper berasal dari sivitas academika Politeknik Manufaktur Astra.

pembagian sertifikat untuk presenter makalah ilmiah

Terima kasih kepada bapak Djoko Subagio, S.T., M.T., M.Sc. sebagai ketua panitia beserta tim panitia SNEEMO 2019 lainnya yang telah bekerja keras hingga pelaksanaan ini dapat terwujud. Semoga pelaksanaan seminar ini dapat memberikan kontribusi positif untuk kemajuan bangsa.