Polman Astra Melakukan Review PPTI 2019

Sesi setelah Review PPTI (kanan – kiri ): Dodi – PMA, Chaerul – PMA, Kurnia – EDC, Eka – PMA, Philipus – WTQ, Indra – EDC, Tony Harley Silalahi – Dir Polman Astra, Febri -WTQ, Ivan – EDC, Arif – CNC design, Hendra – CNC design, Putut – WTQ, Harki – PMA.

Pada tanggal 29 Januari 2019  pukul 09.00-12.00 telah dilakukan Review PPTI 2019. Acara review PPTI 2019 ini merupakan rangkaian acara dalam proses pengembangan Riset hibah PPTI 2019, dimana Polman Astra pada tahun 2019 memperoleh 3 buah  Hibah Program Pengembangan Teknologi Industri dari KemenRistekDIKTI dengan total nilai hibah sebesar 1,06 miliyar rupiah. Perolehan dana hibah ini menghasilkan 2 produk prototipe lain industri : Mesin CNC multifungsi 2019 dan Environmental Chamber , dengan menggandeng 3 mitra indusri : Winteq, CNC Desain , dan AOP div EDC, serta diikuti  18 dosen & instruktur Polman Astra serta melibatkan hampir 60 tenaga peneliti dari mitra industri. 

Adanya aktifitas PPTI 2019, juga menjadi ajang pembuktian  bahwa Polman Astra mampu mengelola penelitian pengembangan prototipe  dengan bersinergi dengan mitra industri. Pak Tony Harley Silalahi, direktur Polman Astra, juga menekankan bahwa kedepannya produk hasil penelitian tidak hanya bermanfaat dalam proses pembelajaran di Polman Astra, juga bermanfaat bagi bangsa Indonesia. Dengan dilakukannya proses Continuous Improvement dan  kerjasama yang solid, diharapkan produk mesin CNC multifungsi dan environmental chamber  bisa menjadi Produk Inovasi kebanggaan insan Astra. 

Prototipe Mesin Environmental Chamber hasil pengembangan Bersama Politeknik Manufaktur Astra dan PT. Astra Otoparts div EDC
Prototipe Mesin CNC Multifungsi dengan kemampuan milling , laser cutting dan 3d printing, merupakan hasil pengembangan bersama Politeknik Manufaktur Astra, PT. Astra Otoparts div Winteq, dan PT. CNC Design Nusantara.

Dalam review ini juga dilakukan pemaparan dari mitra industri (winteq , CNC desain , dan AOP div EDC)  dengan menampilkan tantangan dan langkah perbaikan selama proses berlangsung di 2019, serta beberapa usulan terkait pengembangan berkelanjutan di 2020. Pertemuan ini diakhiri dengan makan  siang bersama oleh seluruh peserta. 

Acara ini diselenggarakan oleh tim LP3T Polman Astra.