PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: PELATIHAN GAMBAR TEKNIK GUNA MENINGKATKAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DI USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) BINAAN YAYASAN DHARMA BHAKTI ASTRA (YDBA)

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah sukses dilaksanakan pada tanggal 13 – 15 Maret 2023 di Politeknik Astra Cikarang antara Politeknik Astra pada jurusan Teknik Mesin dan Industri di Program Studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (TPM) dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), dalam hal ini melibatkan Usaha Kecil dan Menegah (UKM) binaannya.

Kegiatan tersebut yaitu “Pelatihan Gambar Teknik Guna Meningkatkan Kinerja
Sumber Daya Manusia di Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Binaan Yayasan Dharma
Bhakti Astra (YDBA)”. Dalam pelatihan tersebut akan diberikan materi mengenai gambar teknik dan penggunaan software CAD. Tujuan dari kegiatan ini agar UMKM memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri terkait keahlian bidang gambar teknik, sehingga mampu berkontribusi terhadap peningkatan kinerja UMKM secara menyeluruh. Metode yang digunakan dalam proses pelatihan tersebut adalah project based learning. UMKM yang mengikuti pelatihan akan diberikan project membuat “gambar kerja”. Target dan capaian kegiatan ini adalah bahan ajar dengan materi gambar teknik dan peningkatan pemahaman serta keterampilan UMKM.

Peserta berasal dari 10 UMKM binaan YDBA yang mengirimkan masing-masing 1
peserta per UKM, diantaranya adalah: PT Sinar Terang Logamjaya, PT Nandya Karya Perkasa, PT Kawani Tekno Nusantara, PT Cipta Metalindo Persada, PT Cipta Metalindo Persada, CV Anugrah Jaya Mandiri, PT Toms Indo Putra, PT Nandya Persada Sejahtera, PT Besq Sarana Abadi, PT Mandiri Panca Prima.

Panitia kegiatan ini terdiri dari 7 orang dosen/tenaga pendidik program studi TPM, yaitu: Neilinda Novita Aisa sebagai ketua, Faratiti Dewi Audensi sebagai Sekretaris, Heri Sudarmaji sebagai Anggota/Narasumber, Eduardus Dimas Arya S sebagai Anggota/Narasumber, Danny Wicaksono sebagai Anggota/Narasumber, Nicholas Ego Guarsa sebagai Anggota/Narasumber, Rifdah Zahabiyah sebagai Anggota/Narasumber. Selain dosen/tenaga pendidik ada panitia yang berasal dari mahasiswa prodi TPM yang berperan sebagai Support Praktik di Lab. GT, yaitu: Farhanudin, Muhammad Farhan Valentino, Constantius Chrisnaputra.