PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: LOMBA 5 R UNTUK UKM BINAAN YDBA TAHUN 2023

Dalam rangka peningkatan kualitas dan produktifitas Unit Usaha Kecil Menengah (UMKM) Politeknik Astra senantiasa berkontribusi dalam pembinaan UMKM melalui program kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Salah satu program pembinaan UMKM adalah membina para pelaku usaha untuk membangun budaya kerja yang baik seperti pembinaan 5 R ( Rapih, Ringkas, Resik, Rawat dan Rajin) melalui program ini diharapkan para pelaku usaha terutama bidang manufaktur dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Politeknik Astra dan Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA) telah menjalin kerjasama untuk berkolaborasi membina UMKM, dengan memberikan pelatihan dan pembinaan serta pendampingan program 5 R. Untuk memberikan semangat kegiatan 5 R, YDBA mengadakan cara rutin tahunan, yaitu mengadakan lomba 5 R untuk UMKM binaan YDBA.

Bapak Agus Ponco Putro, S.T., M.T., dari Politeknik Astra menjadi salah satu juri pada kegiatan Lomba 5 R yang dilaksanakan pada 21 Februari – 24 Juni 2023.

Kegiatan dimulai pengumpulan berkas, dokumen serta video kegiatan 5 R di setiap unit UMKM yang dibagi dalam beberapa bidang usaha, antara lain :

Di tahap pengumpulan materi, peserta yang terkumpul tahun ini sebanyak 29 UKM yang terbagi dari 6 Kategori yaitu:

  1. Manufaktur A
  2. Manufaktur B
  3. Manufaktur C
  4. Bengkel
  5. Kuliner/Kerajinan
  6. Pertanian

Dari semua berkas lomba yang masuk, paitia menyeleksi 3 besar dari masin masing bidang untuk dipilih menjadi juara 1, 2 dan 3. Proses penilaian, TIM juri mempelajari berkas serta melaksankan gemba online dan offline dengan  mengadakan tanya jawab terhadap temuan teman yang ada. Setelah melalui tanya jawab, TIM juri mengadakan penilaian dari masing masing bidang, dan menentukan para juaranya.