PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: Pendampingan Uji Kompetensi dan Pembekalan Lembaga Sertifikasi Kompetensi SMK Siwa Lima St.Yoseph Langgur oleh Politeknik Astra

Berdasarkan pada surat permohonan dari SMK Siwa Lima St.Yoseph Langgur terkait Pendampingan SMK oleh Perguruan Tinggi dalam Uji Kompetensi dan juga Lembaga Sertifikasi Kompetensi maka dilakukan kegiatan pada 11 s.d 14 April 2023. Politeknik Astra dikoordinasikan dengan Dept Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat mengutus Bapak Wanda, S.Pd. dari prodi Mesin Otomotif.

Hari pertama berisi sambutan dan pengarahan Kepada guru, kepala sekolah dan ketua program terkait kegiatan UKK dan bagaimana sertifikasi kompetensi dijalankan di SMK. Hadir juga pada kegiatan tersebut dinas terkait dari Langgur. Hal ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pandangan pihak – pihak pemegang kebijakan sekolah dalam pengelolaan kompetensi anak didik.

Hari Ke-2 dilakukan pelaksanaan pengajaran kompetensi sekaligus melakukan uji kompetensi siswa terkait materi – materi dasar otomotif.

Hari ke-3 memberikan pendampingan dan motivasi pada anak didik agar kemauan belajar mereka terkait teknologi otomotif mengalami peningkatan. Karena pada dasarnya anak didik di daerah Indonesia Timur masih kurang dalam mengedepankan pendidikan

Pada hari ke-3 ini menjadi guru tamu dari Perguruan tinggi untuk membuka cakrawala ilmu pengetahuan anak didik di bidang TKRO.