PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: Pendampingan SMK Maharati binaan PAMA dan YPA-MDR oleh Politeknik Astra sebagai Perguruan Tinggi

 

Sulitnya mencari kandidat yang kompeten dan siap bekerja di lingkungan PT PAMA maka sejak 2018 PAMA focus melakukan Pengembangan dan Pendampingan di lingkungan SD SMP namun belum adanya SMK menjadikan mereka membentuk SMK Maharati. Komunikas antara kebutuhan DUDI (dalam hal ini PT PAMA) dan SMK dijembatani oleh YPA-MDR. Namun dalam perkembangannya YPA-MDR melibatkan Politeknik Astra yang memiliki pengalaman dalam Pendampingan SMK di aktivitas SMK PK untuk ikut melakukan developing terhadap kurikulum, SDM dan juga skema sertifikasi baik guru maupun anak didik. Pengembangan dan Pendampingan ini juga tentunya melibatkan dinas Pendidikan setempat yaitu kab Kapuas dan Barito Utara, Dinas Pendidikan provinsi.

Proses Pendampingan tidak dilakukan dalam waktu singkat karena beberapa aspek masih perlu digali terutama untuk menumbuhkan mnat dan bakat asli daerah (Kalimantan) supaya bisa berkarya di areanya sendiri. Selama ini PT PAMA harus menggunakan tenaga Kerja dari luar pulau untuk mencukupi kebutuhan SDMnya.

Timeline pelaksanaan Pendampingan sesi awal (tahun pertama) dilakukan adalah 6 bulan kedepan Mei – Oktober 2023. Berikut adalam tim Pendamping dari Politeknik Astra, yaitu Lin Prasetyani dari prodi Mekatronika, Edward Rosyidi dari prodi Logistik, Nurofiq Syuhada dari prodi Teknik Alat Berat, Wanda dari prodi Mesin Otomotif, Agung Purwoko dari prodi Mesin Otomotif.