PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: TRAINING BENGKEL SEPEDA MOTOR MASYARAKAT DESA CIBATU, KECAMATAN CIKARANG SELATAN

Kampus baru Politeknik Astra yang berada di Kawasan Delta Silicon, tepatnya di Desa Cibatu Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Sebagai institusi Lembaga Pendidikan Tinggi berkewajiban melaksanakan Tri Dahram Perguruan Tinggi, salah satu kewajiban Politeknik Astra dalam mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian kepada Masyarakat, dimana perguruan tinggi wajib berpartisipasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bentuk memberikan sumbangan pemikiran.

Cibatu adalah desa yang berada di kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi Jawa Barat, diapit dua kawasan industri besar yaitu kawasan industri Jababeka /Cikarang Baru dan kawasan industri Lippo Cikarang, sebagian besar penduduk desa Cibatu saat ini sebagai buruh pabrik sejak era industri berkembang di Cikarang.

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Cibatu dalam menghadapi tantangan global, perlu dibekali beberapa keterampilan yang mampu bersaing ditengah tengah sulitnya mencari pekerjaan. Kehadiran Politeknik Astra sangat diharapkan masyarakat Cibatu untuk berbagi ilmu pengetahuan, terutama bidang keterampilan teknik yang sangat relevan di dunia industry.

Kegiatan Trining Bengkel Sepeda Motor dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2023, bertempat di Kantor Kelurahan Desa Cibatu Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi.

Berikut adalah tim dari Polteknik Astra:

  1. Dr. Eng. Syahril Ardi, ST., MT: Penanggung Jawab Kegiatan
  2. Agus Ponco Putro, ST., MT : Koordinator UKM
  3. Nur Rofik Syuhada, ST : Dosen Mesin Otomotif
  4. Randi Putra Afani, ST : Dosen Mesin Otomotif
  5. Leo Setiawan, ST., MT : Dosen Mesin Otomotif
  6. Adi setiawan : Mahasiswa
  7. Andi Muh Aiman : Mahasiswa
  8. Irdiansyah : Mahasiswa
  9. Aditya Endratma : Mahasiswa
  10. Muhammad Fillah : Mahasiswa
  11. Bagus Dermawan : Mahasiswa
  12. Andi Sri Permadi : Mahasiswa
  13. Ignatius Anantyo : Mahasiswa

Peserta Training sepeda motor berjumlah 8 orang yang merupakan  warga masyarakat Desa Cibatu Kecamatan Cikarang Selatan yang telah lulus SLTA.

Kegiatan pelatihan bengkel sepeda motor merupakan program kerja dari LP2 Politeknik Astra bidang Pengabdian kepada masyarakat, sesuai dengan arahan Direktur Politeknik Astra agar mempriortaskan warga Bekasi khususnya masyarakat desa Cibatu.  Kunjungan tim Politeknik Astra di Kantor Kelurahan Cibatu disambut baik oleh Bapak Lurah Cibatu H. Ranta, S.pd.

Kegiatan pelatihan bengkel sepeda motor dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2023 di Aula kantor kepala desa Cinatu untuk materi teori dan di depan kantor kepala desa Cibatu untuk praktek bongkar pasang sepeda motor. Para peserta dibekali beberapa teori dan langsung  dipraktekan. Materi materi yang di berikan adalan jenis jenis service ringan seperti Cek injector, diagnose kondisi motor, service CVT dan penggantian oli mesin.

Para peserta diwajibkan membawa kendaraan merk Honda untuk dijadikan paratek service ringan yang dibimbing langsung para dosen program studi Mesin Otomotif  dan dibantu para mahasiswa MO. Peserta pelatihan semakin semangat ketika masuk materi proses penggantian oli mesin, mereka diberikan oli baru produk AHM.

Kegiatan training berakhir jam 16.00 WIB ditutup oleh kepala seksi kesejahteraan desa Bapak Eman dan dihadiri ketua Karang taruna desa cibatu Bapak dr. Rahmat.