PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: Pembelakan dan Pengujian pada Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan bagi Kelas XII (dua belas) di SMK Al Huda, Lampung

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada satu event (Kemdikbud, 2018).

Sesuai program keahlian di SMK Al Huda Lampung, maka siswa dan siswi diwajibkan mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) untuk syarat kelulusan. UKK ini untuk menguji pengetahuan dan ketrampilan yang selama ini telah di ajarkan di SMK Al Huda Lampung ini. Bagi siswa yang dianggap tidak lulus, akan mengulang setelah semua siswa telah selesai menjalankan ujian praktek atau Ujian Kompetensi Keahlian.

Dengan adanya UKK ini, tidak hanya menguji kemampuan siswa dan siswi, tetapi juga menguji mental siswa dan siswi yang mengikuti Ujian ini.

Pembelajaran, Pemahaman, Pengukuran, pelaksanaan ujian yang di dalamnya adalah aktivitas kerja, keselamatan dan kesehatan kerja. Memahani jobsheet dengan baik dan teliti. menggunakan waktu kerja seefisien mungkin. Penerapan SOP pada tune up mesin EFI, sisten drivetrain, system Sasis, merawat dan memperbaiki system kelistrikan pada kendaraan mobil.

Sebelum siswa/siswi melakukan uji, peserta uji mengikuti pembelajaran teori dan praktek untuk KKNI Level 3.

Ujian Kompetensi Kejuruan Teknik Ringan SMK Al Huda Lampung di laksanakan pada tanggal 3 s/d 4 Mei 2023. Bapak Wanda, S.Pd dari prodi Mesin Otomotif Politeknik Astra yang menjadi pemateri dan salah satu tim penguji test praktik.

Berdasarkanhasil Pelaksanna UKK, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

1.      Ujian Praktek sangat berguna bagi siswa untuk mengetahui kemampuan atau skill dari Siswa/siswi

2.      Ilmu  pengetahuan, pengalaman dan memperluas wawasan otomotif di dunia kerja.

3.      UKK dapat melatih kesiapan diri dan kemandirian pada setiap Siswa/siswi 

4.      Ujian Praktek (UKK) telah diselesaikan oleh siswa/siswi

5.      Siswa/siswi telah mampu bekerja mandiri dalam melaksanakan berbagai job yang diperintahkan pada pengujian

6.   UKK ini untuk Mengetahui Kemampuan kita Selama belajar 3 tahun di SMK Al Huda Lampung