Hibah Internal Politeknik ASTRA Dibuka Kembali : Peluang Brilian untuk Pengembangan Inovasi Unggul

Hibah Internal Politeknik Astra merupakan hibah internal di perguruan tinggi yang merujuk pada alokasi dana atau bantuan finansial yang disediakan oleh Politeknik Astra. Tujuan esensial dari pemberian hibah ini ialah untuk memfasilitasi peningkatan kegiatan inovasi dosen agar mempunyai portofolio dalam bentuk output penelitian awal yang nantinya dapat digunakan sebagai referensi dan pijakan dalam menjalankan rekam jejak penelitian, baik dilaksanakan di internal Politeknik Astra atau berkolaborasi dengan pihak eksternal. Adanya peningkatan kemampuan dosen dalam menjalankan dharma 2 seperti, peningkatan kompetensi (upskill competency), peningkatan mengelola penelitian (upskill research capability) dan peningkatan menulis penelitian (upskill writing capability).

Konsep Hibah Internal Politeknik Astra

Hibah Internal Politeknik Astra atau yang biasa disebut dengan HIPA diadakan setiap tahun dengan sistem pendanaan yang dapat digabung dengan pendanaan eksternal disertai dengan pendanaan publikasi yang bersifat support pengembangan portofolio dosen. Adapun prioritas topik riset yang diharapkan menjadi penelitian utama ialah :

  1. Lingkungan Pembelajaran Vokasi Cerdas (Smart Vocation Learning Environment),
  2. Daya Saing Politeknik Astra
    • Smart & Efficient Building Management System
    • Iconic Technology & Product Development of Astra Tech
  3. Kolaborasi AstraTech Kuat (Strong Collaboration Astra Tech with External)
    • Electric vehicle
    • Renewable energy
    • Digitalization
  4. RIRN/MF Topics :
    • Ekonomi hijau
    • Ekonomi biru
    • Ekonomi digital
    • Kemandirian kesehatan
    • Penguatan pariwisata

Dana hibah yang diberikan oleh Politeknik Astra bermacam-macam, diantaranya :

  1. Bagi terapan pemula, ketua pengusul mempunyai NIDN, non jabatan fungsional dengan maksimal pendanaan Rp. 15.000.000,- dengan output minimal 1 jurnal Technologic dengan status terdaftar.
  2. Bagi terapan madya, ketua pengusul mempunyai NIDN, dengan jabatan fungsional AA, L dan maksimal pendanaan Rp. 20.000.000,- dengan output minimal 1 jurnal Sinta 5-6 (AA)/Sinta 3-4 (L)/Paten sederhana dengan status terdaftar
  3. Terapan expert, ketua pengusul mempunyai NIDN, dengan jabatan fungsional GB, LK dan maksimal pendanaan Rp. 40.000.000,- dengan output minimal 1 jurnal Sinta 1-2 (LK)/Scopus (GB)/Paten dengan status terdaftar.

Adanya Hibah internal diharapkan mampu meningkatkan kompetensi penelitian bagi dosen dan membudayakan iklim riset di Politeknik Astra. Bagi Bapak/Ibu yang hendak mengajukan proposal Hibah Internal 2024 dapat mengunggah OSP pada link berikut ini :
https://intip.in/PengajuanOSP

Besar harapan kami Bapak/Ibu dosen bisa menggunakan kesempatan ini untuk mengajukan pendanaan penelitian.

Contact person : Aziz (0857-3343-3031).