PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT : Training CNC INNOSTRA kepada SMK NEGERI 69 JAKARTA

Mesin CNC INNOSTRA dibuat oleh kolaborasi AstraTech dengan PT Astra Otoparts
Tbk – WINTEQ. INNOSTRA adalah mesin numerical control dengan berbagai fungsi seperti milling, laser cutting, laser engraving dan 3D printing, sehingga mesin ini dapat menghemat ruang dan biaya operasional bagi perusahaan. Manfaat lain dari mesin ini yaitu dapat menciptakan kualitas produk yang konsisten dan mampu untuk meminalisir human eror, sehingga diharapkan dapat mendukung proses produksi usaha manufaktur ataupun usaha kreatif menjadi lebih efektif dan efisien.
Training CNC INNOSTRA yang diselenggarakan pada tanggal 24 – 25 Januari 2024 merupakan sebuah program pelatihan yang bertujuan untuk membekali ilmu beberapa guru SMK 69 Jakarta mengenai mesin CNC INNOSTRA, sehingga ilmu yang diperoleh dapat kemudian diberikan kepada siswa/i di SMK 69 Jakarta. Melalui pelatihan ini, peserta akan memperoleh peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pengenalan komponen-komponen mesin, pemograman mesin CNC Multifungsi, serta pengenalan aplikasi pendukung CNC Multifungsi.

Peserta akan dimasukan dalam satu kelas untuk dilakukan pembelajaran. Metode Pelatihan yang dilakukan yaitu Diskusi, Studi Kasus dan Simulasi. Cakupan Materi yaitu:
1. Pengenalan Teknologi CNC Multifungsi
2. Bagian dan Proses Mesin CNC Multi Fungsi
3. Pemogramam CNC
4. Pengenalan Aplikasi Pendukung CNC Multifungsi
5. Demo Mesin CNC Multifungsi
6. Latihan dan Review

Kepanitiaan dari Politeknik Astra adalah Ibu Nensi Yuselin sebagai class manager, Ibu Anastasia Amanda Permata Putri sebagai class manager, Bapak Harki Apri Yanto dosen program studi P4, Bapak Mada Jimmy F A dosen program studi MK, Bapak Muhammad Chaerullah dosen program studi MK.

Dalam rangka untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada pengenalan
komponen-komponen, pemograman, serta pengenalan aplikasi pendukung CNC Multifungsi, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para peserta dalam menjalankan pekerjaan mereka dengan lebih efektif dan efisien. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk menyelenggarakan pelatihan ini, dan semoga ilmu yang diperoleh dapat terus diterapkan dan bermanfaat dalam aktivitas kerja sehari-hari.