Kompetensi QCC UMKM Binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Tahun 2024

Kompetisi ini dilatarbelakangi pentingnya penerapan QCC di UMKM akan tetapi saat ini belum dilakukan secara konsisten. Dengan adanya kompetisi ini diharapkan dapat mendorong UMKM dapat menerapkan QCC secara konsisten. Dalam kompetisi ini, UMKM YDBA dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok manufaktur A dengan jumlah karyawan lebih dari 50 orang dan kelompok manufaktur B dengan jumlah karyawan kurang dari 50 orang. Pada kegiatan ini salah satu dosen Politeknik Astra dari prodi TPM, Ibu Neilinda Novita Aisa menjadi juri untuk kelompok manufaktur B.

Total peserta QCC adalah 8 tim UMKM dan 4 Bengkel 4R yang diseleksi materi nya kemudian terpilih 5 tim UMKM dan 3 tim bengkel yang masuk ke tahap presentasi online pada tanggal 14 Maret 2024. Berikut adalah dokumentasi tahap presentasi online:

Selanjutkan, ke 8 tim tersebut masuk ke tahapan Genba. Genba dilaksanakan dengan 2 cara yaitu genba offline untuk UMKM yang terletak di Jabodetabek pada 25 Maret 2024 dan Genba online untuk UMKM diluar jabodetabek dan bengkel pada tanggal 26 Maret 2024. Berikut adalah dokumentasi tahap genba:

Tahap Presentasi akhir dilakukan pada tanggal 22 April 2024. Berikut adalah dokumentasi tahap presentasi akhir dan pembuatan berita acara hasil akhir penjurian: