Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Astra di Kampung Berseri Astra

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2) Politeknik Astra mencoba bekerja sama dengan program CSR Astra melalui program Kampung berseri Astra(KBA). Kampung Berseri Astra merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Bagai gayung bersambut, Politeknik Astra yang memiliki segudang kompetensi dan program pengabdian masyarakat, disambut baik dengan masyarakat yang telah tergabung dengan Kampung Berseri Astra.

Pada tanggal 30 April 2024, tim Politeknik Astra dan Tim CSR AI mengunjungi beberapa lokasi KBA di daerah Bekasi, yaitu KBA Pekayon Jaya Bekasi Selatan dan KBA Regency 2 di Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi.

Dari Politeknik Astra diwakili  bapak Agus Ponco, Bapak Sofian Arissaputra dan Ibu Cintri Anjani, sedangkan dari CSR AI dihadiri bapak Irwan dan Ibu Yulika.

Banyak hal dari kompetensi Politeknik Astra yang dapat diterapkan pengabdian masyarakat di KBA Pekayon, salah satunya adalah pemanfaatan limbah bahan bangunan bekas praktikum di prodi TKBG yang rencananya diolah ulang menjadi bentuk bentuk kerajinan seperti Pot Bunga.

Sedangkan program kegiatan KBA di Regency 2 Bekasi, rencananya melibatkan teman teman di prodi TO, P4, MI. Salah satu knosen dalam pertemuan di KBA Regency 2 adalah memodifikasi mesin pencacah sampah sumbangan dari salah satu instansi yang selama ini tidak dapat digunakan karena tidak sesuai dengan kebutuhan. Rencananya masih ada beberapa titik KBA yang dapat kita sambangi baik di wilayah Jawa Barat maupun di Wilayah DKI Jakarta. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bersosialisasi dengan masyarakat, serta memberi kesempatan dosen untuk meningkatkan pengabdian masyarakat melaui penelitian dan penulisan jurnal pengabdian masyarakat.